OUTBOUND DAN TRAINING MENINGKATKAN EVIFKASI DIRI SECARA APPRECIATIVE

Sebagaimana kita tahu bahwa kesadaran untuk berkomitmen dan memberikan kontribusi terbaik setiap karyawan kepada perusahaan adalah hal penting yang sangat diharapkan oleh setiap perusahaan.Ini adalah sebuah situasi yang sangat ideal yang diinginkan oleh setiap perusahaan atau organisasi.Tetapi pada kenyataannya,kondisi seperti ini sering kali tidak bisa terjadi secara berkelanjutan.Bahkan yang ada adalah banyak masalah terjadi yang ditimbulkan oleh hal-hal yang kompleks dan pada akhirnya berpengaruh kepada tingkat produktifitas dan hal-hal lainnya.

Sebagai contoh,banyak orang yang tidak mampu bekerja dengan optimal hanya karena mereka tidak memahami apa kontribusi yang diinginkan ketika pertama kali dia bergabung.Contoh lain adalah banyak orang tidak bisa berkontribusi secara optimal terkait produktifitas,karena mereka dalam melakukan pekerjaannya tidak dengan minat dan kemampuan yang memadadi.Dan banyak lagi hal-hal yang sangat mempengaruhi tingkat produktifitas lainnya.
Penting untuk dipikirkan dan dilakukan cara-cara kreatif dan realistis untuk menyelesaikannya.Tetapi yang terjadi,banyak perusahaan belum bisa mengintervensi masalahnya secara tepat karena tidak melihat menganggap karyawan adalah aset yang selalu harus dikembangkan baik secara pengetahuan dan keterampilannya.Bukan hanya keterampilan terkait teknis saja sebenarnya yang menjadi fokus,tetapi keterampilan mengelola diri,keterampilan interpersonal dan bekerja mengelola dinamika kelompok juga sangat penting.

Konsep meningkatkan efikasi diri secara apresiatif adalah satu metode yang dikembangkan dengan pendekatan Appreciative Inquiry.Konsep ini diciptakan untuk memandu organisasi dalam menghadapi perubahan dan berubah menjadi lebih baik.Appreciative inquiry mengangkat ide mengenai bagaimana organisasi dan orang-orang didalamnya berkembang dengan lebih baik dengan berfokus pada cita-cita,pencapaian dan pengalaman aktivitas terbaik yang terjadi dan dialami oleh organisasi dan orang-orang di dalamnya.

Appreciative Inquiry di dalam prakteknya adalah merupakan seni bertanya yang menggali kekuatan atau keberhasilan untuk menciptakan masa depan yang penuh dengan harapan,salah satu pendekatan berbasis kekuatan (strength-based approach )
Pendekatan ini digunakan untuk melakukan perubahan organisasi dan komunitas melalui proses-proses kolaboratif dalam mensinergikan kekuatan setiap pihak untuk mewujudkan impian bersama. Blang Q Rafting Dan Outbound

Kemampuan Berinovasi Dan Berperilaku Berdampak Positif Dalam Organisasi

Bagaimana Appreciative Inquiry digunakan dalam meningkatkan efikasi diri, kemampuan berinovasi dan kemampuan berperilaku yang memberikan dampak positif dalam organisasi?
Appreciative Inquiry merupakan penggalian terhadap hal-hal yang memberi jiwa pada sistem-sistem manusia ketika sistem-sistem tersebut berjalan dalam kondisi terbaiknya.

Asumsi dasarnya :

  • Orang secara individual maupun kolektif memiliki beragam bakat, ketrampilan, dan kontribusi yang unik bagi kehidupan.
  • Organisasi merupakan sistem sosial manusia, sumber dari kapasitas relasional yang tidak terbatas, yang tercipta dan terkandung dalam bahasa.
  • Imaji yang kita miliki tentang masa depan terkonstruksi secara sosial dan, begitu dituangkan secara jelas dalam kata-kata, akan memandu tindakan-tindakan individual maupun kolektif.
  • Melalui komunuikasi manusiawi ( penyelidikan dan dialog), orang dapat mengalihkan perhatian dan tindakan yang berfokus pada masalah kepada gagasan-gagasan yang berharga serta kemungkinan-kemungkian yang produktif bagi masa depan yang lebih baik.
Meningkatkan Efikasi Diri Secara Apresiatif
Meningkatkan Efikasi Diri Secara Apresiatif
Meningkatkan Efikasi Diri Secara Apresiatif

TUJUAN DAN PELAJARAN YANG DI DAPAT

Tujuan pelatihan Training ini

Memperkenalkan konsep dan gagasan Appreciative Inquiry kepada peserta sebagai pendekatan di dalam menemukenali dan menggunakan kekuatan dirinya untuk menentukan dan mencapai performance bekerja yang lebih baik.
Peserta mampu merancang bentuk-bentuk penerapan Appreciative inquiry sesuai dengan agenda perubahan/tujuan lebih baik yang di inginkan.

Apa saja yang dipelajari dalam training ini 

  • Efikasi diri berbasis apresiatif
  • System intervensi apresiatif
  • Co-creation (kemampuan mendorong menciptakan perubahan)
Manfaat dari pelatihan ini adalah 
  • Setelah pelatihan ini setiap peserta memiliki pengetahuan yang lebih baik dan memadai tentang dirinya, mampu menentukan tindakan-tindakan kreatif yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan terbaik dalam berbagai situasi.
  • Peserta memahami dan mampu membangun relasi yang harmony serta memiliki sikap serta perilaku apresiatif yang berdampak positif bagi organisasi (lingkungan bekerja).
  • Peserta mampu berkolaborasi dan bersinergi untuk mendorong terjadinya perubahan positif dengan cara-cara yang inovatif dan berenergi.

Durasi Pelatihan

Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama 2 hari.Dalam satu hari akan terbagi menjadi 4 sesi,yang masing masing sesi berdurasi 90 menit.

Fasilitas 

Dokumentasi kegiatan,property training,1 lead trainer dan 2 cotrainer yang akan membantu proses selama pelatihan berlangsung.

pujonadventure24@gmail.com
blangqrafting24@gmail.com

Phone : 082234171180 ( Solikin )
Phone : 082229163374 ( Diva )

Meningkatkan Efikasi Diri Secara Apresiatif
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!