Fasilitator semakin hari keberadaannya semakin dibutuhkan di Indonesia. Banyak sekali program-program pengembangan masyarakat yang sangat membutuhkan kehadiran dan peran fasilitator dalam pelaksanaannya di lapangan.
Bahkan Aparat pemerintah, aktivitis LSM, tokoh agama, tokoh adat, pengusaha, dan anggota parlemen (pusat maupun daerah) berkali-kali menyatakan diri mereka sebagai fasilitator masyarakat.
Peran fasilitator dipandang sangat diperlukan untuk membantu masyarakat berkolaborasi, berinovasi, dan secara kolektif bertemu untuk menerima tantangan dunia masa sekarang yang semakin sulit dan rumit ini.
Fasilitator sekarang semakin dipahami sebagai bagian paling penting dari kepemimpinan seseorang. Membawa orang-orang untuk memecahkan persoalan secara bersama-sama, membuat rencana, mengambil keputusan, atau menjaga sumberdaya tidak bisa hanya menggunakan ilmu pengetahuan. Tapi juga harus dipadukan dengan seni fasilitasi. Itu yang menyebabkan orang-orang dapat bekerja sama dengan baik.
Sebaliknya, meski beragam profesional dan para buruh saling bertemu belum tentu mereka berkolaborasi. Ketiadaan fasilitator dapat membuat proses pembentukan kolaborasi menjadi lambat, bahkan sering kali salah atau patah di tengah jalan.
Fasilitator memang semakin dibutuhkan. Terutama, ketika orang secara berkelompok harus merencanakan, memutuskan, membuat inovasi, implementasi dan berbagi tanggung jawab. Fasilitatorlah yang akan menginspirasi mereka agar mengerahkan energi yang luar biasa untuk menuntaskan apa yang tidak bisa mereka lakukan sendirian. Kemampuan fasilitatorlah yang dapat mengalirkan energi mereka.

Fasilitasi adalah sebuah proses sadar dan sepenuh hati membantu memudahkan kelompok menemukan pilihan-pilihan baru dan menjadikannya selaras dengan tujuan terbaiknya
Fasilitasi adalah sebuah seni, yang berisi pendekatan non linier dan swakelola untuk mengubah konflik menjadi ketegangan kreatif dalam sebuah pertemuan kelompok.
Proses ini merefleksikan bagaimana nilai-nilai dasar demokrasi dijalankan pada sebuah pertemuan kecil.
Metode ini relevan diterapkan pada kelompok yang memiliki persepsi beragam seperti pada proses pertemuan multipihak, partisipasi publik dan juga pada kelompok masyarakat yang berkonflik. Proses memandu fasilitasi adalah model yang mendudukkan empati pada puncaknya agar para peserta pertemuan saling menyimak dengan aktif. Proses ini pada gilirannya akan membantu peserta untuk berfikir multi perspektif. Seni fasilitasi bekerja dengan cara membuka hati dan pikiran, bukan fokus pada bagaimana pertemuan harus berbeda dengan memperkenalkan permainan, simulasi atau bermain peran. Dengan memiliki teknik fasilitasi yang memadai seroang fasilitator akan mapu mendorong para peserta berbicara secara otentik sebagai dirinya.

Pelatihan Seni Fasilitasi
Pelatihan Seni Fasilitasi
Pelatihan Seni Fasilitasi

TUJUAN DAN PELAJARAN YANG DI DAPAT

Tujuan pelatihan ini 

Pelatihan ini bertujuan untuk mencetak fasilitator-fasilitator handal yang sanggup mengawal terwujudnya perubahan-perubahan positif di masadepan. Pelatihan ini secara kaya mempelajari tentang metode dan teknik harmonic facilitation, di mana peserta akan di ajarkan menyelaraskan tiga hal penting yaitu hasil yang inklusif, proses yang hidup dan relasi positif didalam membantu kelompok mencapai tujuan terbaiknya dengan taat pada nilai-nilai dasar partisipatif.

Apa saja yang di pelajari 

  • Konsep dasar fasilitasi
  • Mengenal Sikap dan peran utama fasilitator
  • Mengenal rumah fasilitasi
  • Keterampilan fasilitasi (komunikasi verbal dan non verbal, mengelola kelompok sulit)
  • Teknik membaca cepat profil peserta pertemuan
  • Mengenal dan mengelola Dinamika kelompok
  • Eksplorasi teknik dan metode fasilitasi
  • Teori akselerasi belajar.
  • Merancang alur fasilitasi efektif & keterampilan presentasi.
Durasi Pelatihan

Durasi pelatihan ini selama 3 hari.

Fasilitas 

1 lead trainer dan 2 co trainer yang akan membantu proses selama pelatihan berlangsung,Dokumentasi kegiatan (File Photo),Property training,Sertifikat kegiatan,Konsumsi peserta

pujonadventure24@gmail.com
blangqrafting24@gmail.com

Phone : 082234171180 ( Solikin )
Phone : 082229163374 ( Diva )

Pelatihan Seni Fasilitasi
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!